By Plimun Web Design

Bus Sekolah Gratis Mulai Dilirik Anak Sekolah

Parepare- Bus sekolah gratis yang mulai beroperasi sejak senin yang lalu untuk wilayah kecamatan Soreang dan Kecamatan Bacukiki mulai ramai digunakan oleh siswa siswi di Kota Parepare.

Dua armada bus yang diadakan oleh Pemerintah Kota Parepare melalui Dinas Perhubungan menjadi alternative bagi siswa-siswi yang berdomisili di wilayah Kecamatan Soreang dan Bacukiki yang masih menggunakan angkutan umum untuk berangkat ke sekolah.

Bus dengan paduan warna orange dengan dilengkapi dengan kursi yang empuk dan Air Conditioner (AC) tersebut, tiap harinya mengantar jemput siswa siswi di dua kecamatan pada pukul tujuh pagi kemudian diantar melalui jalur jalur sekolah yang telah ditentukan.

Menurut kepala Dinas Perhubungan H. Yodi Haya yang dihubungi via handphone yang tiap harinya ikut memantau perkembangan pemanfaatan bus sekolah mengatakan, hari keempat beroperasinya bus sekolah ini mendapat respon positif dari siswa dan orang tua siswa.

“Bus sekolah pada hari keempat ini sudah semakin bagus dan siswa siswi semakin senang dengan adanya bus sekolah.  orang tua siswa yang saya jumpai mengatakan Alhamdulillah pemerintah mengadakan bus sekolah dan merasa terbantu dan mengucapkan terimkasih kepada pemerintah Kota Parepare,” Jelas Yodi Haya.

Yodi juga menyampaikan, dua bus sekolah yang baru mulai beroperasi juga masih dalam tahap penyesuaian dan masih dalam tahap sosialiasi kepada seluruh siswa untuk memanfaatkan bus sekolah yang disiapkan Pemerintah Kota Parepare.

Muh. Dhody Alfatah, murid kelas VIII SMPN10 yang berdomisili di Jalan Poros Andi Arsyad mengaku sangat bergembira dan senang, sejak beroperasinya bus sekolah gratis untuk wilayah Kecamatan Soreang, uang transportasi yang diberikan orang tuanya bisa digunakan untuk keperluan sekolah lainnya.

Terkait hal itu, Walikota Parepare DR.HM Taufan Pawe setelah mengikuti upacara Hari Pendidikan tahun 2017 di Alun alun Lapangan Andi Makkasau beberapa waktu lalu, menjelaskan Pengadaan bus sekolah gratis oleh Pemerintah Kota Parepare akan dilakukan secara bertahap dan merata di seluruh kecamatan. “pemerintah Kota akan mengadakan Bus Sekolah ini secara kontinyu dan akan merata di seluruh daerah,” Jelasnya.

Taufan menambahkan, banyaknya anak sekolah yang masih berjalan kaki di Wilayah Kecamatan Soreang dan Bacukiki merupakan alasan mobil bus gratis awalnya diperuntukkan untuk kecamatan tersebut.

“ini baru baru tahapan awal dan akan dilakukan secara berkesinambungan. Ini kita prioritaskan karena merupakan pemenuhan hak dasar anak sekolah secara gratis,” Jelas Taufan.

Mobil bus gratis yang beroperasi di wilayah kecamatan Soreang akan melalui rute Jalan Bau Massepe samping lapangan sumpang minangae, menuju jalan jenderal Sudirman, kemudian akan menuju Jalan Jenderal Ahmad yani, Jalan Industri Kecil, Hutan Jompie, Jalan HM Yusuf Majid, Jalan Manunggal, Jalan Laupe, Jalan Pendidikan, Jalan Poros Andi Arsyad, Depot Pertamina, Jalan Lahalede, Jalan Abu Bakar Lambogo dan finish di Jalan Guru M. Amin/Tembo Lopie.

Mobil Bus di wilayah Kecamatan Bacukiki akan mengambil titik star di terminal induk lumpue kemudian menuju Jalan M. Yusuf arah utara, Perumnas, Jenderal Ahmad Yani, Jalan Lasiming, Jalan Andi Mallarangeng, Jalan Agussalim, Jalan Karaeng Burane, Jalan Veteran, Jalan H, Agus Salim, dan finish di Patung Pemuda.

Add comment


Security code
Refresh

 

 

 

 

 

Kami memiliki 118 tamu dan tak ada anggota yang online


Hak Cipta © 2012 pareparekota.go.id. Hak Dilindungi Undang-Undang.