By Plimun Web Design

Gratiskan Raskin, Walikota Parepare Terima Penghargaan

Parepare-Inovasi Walikota Parepare DR.H.M Taufan Pawe, SH.MH untuk menggratiskan beras raskin yang kini disebut beras sejahtera (rastra) sejak tahun 2016 yang lalu, mendapatkan pengakuan dan penghargaan sebagai Kota terbaik dalam penyaluran dan menggratiskan beras sejahtera dari Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo.

Kota Parepare pada penyerahan penghargaan keluar sebagai kota terbaik dalam kategori Panganggaran Harga Tebus Raskin (HTR) melalui anggaran pendapatan belanja daerah (APBD).

Sekprov Sulsel, Abdul Latif mewakili Gubernur Sulsel menyerahkan piagam penghargaan kepada Walikota Parepare yang diwakili Asisten Bidang Ekbang dan Kehumasan Drs. H. Ramadhan Umasangaji serta diberikan kepada Empat Pemerintah Daerah (Pemda) yang juga telah menyalurkan Raskin dalam acara Hasil seleksi penerima penghargaan dan apresiasi pelaksanaan raskin Provinsi Sulsel Tahun 2016, di Ruang Pola Kantor Pemprov Sulsel, Rabu 17 Mei 2017.

Pemberian penghargaan kepada lima Kabupaten/Kota di Sulawesi Selatan yang diantaranya Kota Parepare berdasarkan hasil tim seleksi yang dibentuk yang dilakukan di seluruh Kabupaten Kota yang ada di Sulawesi Selatan.

Dari hasil tim seleksi yang dibentuk lima Kabupaten Kota dengan lima kategori penghargaan

Keluar sebagai penerima penghargaan piagam dan plakat yang diantaranya, kategori Harga Tebus Raskin (HTR) Dianggarkan melalui APBD, diberikan kepada Kota Parepare dan Kabupaten Soppeng. Kategori dukungan Pemda Teraktif (Dinilai berdasarkan Keaktifan Pemda melalui sosialisasi, Monev dan rapat raskin 2016 diberikan kepada Kabupaten Wajo.

Untuk penerima penghargaan piagam dan plakat atas prestasi kategori, Pelunasan harga tebus Raskin (HTR) secara tunai (Cash dan Carry) diberikan kepada kabupaten Jeneponto dan Bulukumba, dan Kategori Penyaluran dan Pelunasan HTR Tercepat diberikan kepada Kota Palopo.

Abdul Latif pada sambutannya mengatakan, daerah yang telah mendapatkan penghargaan tersebut karena kinerja dan komitmennya dalam mendistribusikan Beras Sejahtera kepada masyarakat tidak mampu yang ada di daerahnya.

Raskin ini menurut Abdul Latif merupakan bantuan pemerintah pusat untuk disalurkan kepada masyarakat tidak mampu melalui pemerintah daerah setempat.

Pencapaian prestasi pelaksanaan distribusi Raskin tahun 2017, dinilai Abdul latif sebagai bentuk kepedulian pemerintah Kabupaten Kota yang diharapkan dari tahun ke tahun semakin membaik dan menjadi motivasi kepada daerah lain untuk berkomitmen dalam penyaluran beras raskin.

"Kita berharap kabupaten/kota lain dapat bersama-sama seperti ini, agar masyarakat tidak terbebani dengan biaya seperti ini," ujarnya.

Ramadhan Umasangaji setelah mewakili Walikota Parepare menerima penghargaan menuturkan, penghargaan yang diberikan kepada Walikota Parepare sudah sepatutnya diberikan atas kerja dan inovasi dalam menggratiskan Beras Sejahtera bahkan sampai mengantar sampai depan pintu rumah.

Ramadhan menambahkan, rastra gratis diberikan kepada para penerima manfaat di Kota Parepare merupakan bukti kepedulian Pemerintah Kota Parepare.

Terkait hal tersebut, bulan April yang lalu, Pemerintah Kota Parepare kembali meluncurkan program mengantarkan langsung beras sejahtera kepada para penerima manfaat langsung ke depan pintu rumah penerima manfaat dan diyakini sebagai program inovasi yang pertamakali dilakukan di Sulawesi Selatan.

Add comment


Security code
Refresh

 

 

 

 

 

Kami memiliki 117 tamu dan tak ada anggota yang online


Hak Cipta © 2012 pareparekota.go.id. Hak Dilindungi Undang-Undang.