By Plimun Web Design

Cegah Banjir dan Air Tergenang Dengan Perbaiki Drainase Sampai Bangun Waduk Mini

Parepare – Langkah cepat dan serius akan segera ditempuh Pemerintah Kota Parepare pasca musibah air tergenang yang cukup parah akibat intensitas hujan yang cukup tinggi beberapa waktu lalu di Kota Parepare.

Walikota Parepare, DR. HM. Taufan Pawe, SH. MH bersama jajaran Pemerintah Kota Parepare berkomitmen akan memberikan perhatian khusus pada sistem pengelolaan drainase yang jika tidak dikelola dengan baik maka akan menyebabkan banjir dan air tergenag saat musim hujan turun.

“Sistem drainase memang perlu untuk diberi perhatian khusus, biasanya daerah yang tergenang air akibat tidak berfungsinya sistem drainase yang ada. Dan ini yang akan menjadi perhatian kami,” ujar Taufan.

Menurut Taufan, saat ini jajaran Pemerintah Kota melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang sedang memikirkan evaluasi teknis dalam melihat bencana banjir dan genangan air yang kerap mengancam saat intensitas hujan cukup tinggi di Kota Parepare.

“Kami tidak ingin bencana dan musibah ini terulang terus setiap musim hujan tiba. Kejadian ini pasti banyak menimbulkan kerugian khususnya bagi masyarakat, sehingga langkah awal yang ditempuh dengan memperhatikan sistem drainase yang ada,” urai Taufan.

Disamping itu, pihak Pemerintah Kota pun akan mempertimbangkan untuk pembuatan waduk mini dilokasi tersebut untuk mengantisipasi genangan air saat musim hujan. Hal ini disebabkan karena dari hasil foto udara lokasi tersebut memang terletak lebih rendah dari saluran primer sehingga setiap hujan dengan intensitas tinggi, air akan langsung menggenangi lokasi.

“Kami sedang memikirkan solusi terakhir untuk mengatasi ini dengan membuat waduk mini sebagai tempat berkumpulnya air. Pembuatan waduk mini akan sangat efektif mencegah banjir, karena bencana banjir ini tak bisa dihindari akan tetapi hanya bisa dicegah”, pungkas Taufan.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Parepare melalui Dinas PUPR telah membangun waduk mini pengendali air di belakang Pasar Lakessi, Kelurahan Lakessi, Kecamatan Soreang yang berfungsi untuk mengendalikan air agar tidak terjadi genangan saat hujan di sekitar Jalan Lahalede dan sekitarnya. 

Add comment


Security code
Refresh

 

 

 

 

 

Kami memiliki 109 tamu dan tak ada anggota yang online


Hak Cipta © 2012 pareparekota.go.id. Hak Dilindungi Undang-Undang.