By Plimun Web Design

Tingkatkan Produksi Pangan, Taufan Minta Petani Terapkan Sistem Pertanian Modern

Parepare – Walikota Parepare, DR. HM. Taufan Pawe, SH. MH mengapresiasi pelaksanaan panen raya padi yang dilaksanakan kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA)  Kota Parepare, di Bocco-Boccoe Kelurahan Wattang Bacukiki Kecamatan Bacukiki, Senin (27/2/2017).


Panen raya dilaksanakan berdasarkan hasil musyawarah kelompok tani dan pengurus Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Parepare dengan memperhatikan kondisi tanaman yang telah menguning dan siap panen.

Menurut Taufan, kegiatan pesta panen raya ini dapat dikatakan sebagai suatu langkah inovasi dan terobosan yang dilakukan oleh kelompok tani KTNA, sebab sebagaimana kita ketahui bahwa Kota Parepare tidak mempunyai sumber daya alam.

“Acara yang kita laksanakan ini secara tidak langsung dapat menginspirasi kita ditengah keterbatasan lahan pertanian yang dimiliki, kita masih bisa menyaksikan panen raya tanaman padi di kota kita ini. Apa yang kita lihat  dan kita capai  hari ini merupakan hasil kerja keras kita semua,” ungkap Taufan.

Taufan menjelaskan, luas lahan sawah Parepare yang hanya 9,24 persen dari luas keseluruhan wilayahnya membuat para kelompok tani harus terus berupaya melakukan inovasi dalam pengembangan  pertanian di Kota Parepare.

“Ini yang patut kita apresiasi khususnya kelompok tani KTNA yang telah mampu mengelola secara optimal luas lahan yang terbatas sehingga kita bisa melaksanakan panen tanaman padi di Kota Parepare,” paparnya.

Pada kesempatan ini juga, Taufan meminta para penyuluh pertanian agar selalu melakukan pendampingan kepada para petani sehingga hasil pertanian dapat lebih optimal.

“Para penyuluh pertanian agar memberikan pengetahuan tentang sistem pertanian  modern kepada para petani. Begitu pula para petani harus mau menerapkan cara bercocok tanam sesuai anjuran petugas atau penyuluh pertanian sehingga  dengan demikian dapat meningkatkan produktivitas hasil panen padi,” harap Taufan.

Hal ini sebagai wujud perhatian dan kepedulian Pemerintah Daerah dalam peningkatan produksi tanaman pangan setiap tahunnya baik dari segi kuantitas maupun kualitas.

“Pemerintah dan kelompok tani memang sudah seharusnya bersinergi untuk meningkatkan produksi padi guna memenuhi kebutuhan pangan. Tentunya dengan penerapan bercocok tanam yang benar serta dukungan stakeholder terkait, produksi pertanian akan semakin meningkat sehingga berdampak pada peningkatan kesejahteraan petani”, tandas Taufan.

Add comment


Security code
Refresh

 

 

 

 

 

Kami memiliki 92 tamu dan tak ada anggota yang online


Hak Cipta © 2012 pareparekota.go.id. Hak Dilindungi Undang-Undang.