By Plimun Web Design

Peduli dan Tanggap Bencana, Begini yang Dilakukan Taufan Pawe Bersama Masyarakat

Parepare – Hujan deras yang mengguyur  Kota Parepare seharian mengakibatkan beberapa titik di wilayah Kota Parepare tergenang air. Salah satu wilayah yang tergenang air cukup parah terjadi di RT 1 dan RT 2 RW 7 Kelurahan Lumpue Kecamatan Bacukiki Barat.


Walikota Parepare, DR. HM. Taufan Pawe, SH. MH pun tidak tinggal diam. Mengetahui hal tersebut ia didampingi beberapa jajarannya turun langsung memantau wilayah yang tergenang air, Minggu (26/2/2017).

Petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) pun tak lupa dikerahkan untuk menyedot air dari drainase yang tersumbat sehingga menyebabkan genangan air yang cukup tinggi. Disamping mengevakuasi korban genangan air dan ikut membantu mengevakuasi barang miliki warga.

“Saya setelah menerima laporan dari smartphone, segera turun untuk melihat langsung kondisi yang terjadi akibat fenomena alam ini. Hal ini tidak boleh terus dibiarkan terjadi dan harus segera dicarikan solusinya”, urainya.

Menurut Taufan, tidak ada titik wilayah di kota Parepare yang berpotensi banjir seperti di daerah lainnya. Yang ada hanya genangan air jika intensitas curah hujan tinggi sebab paling lama 2 jam genangan air kembali surut.

Dalam pantauannya kali ini pun, Taufan bersama masyarakat setempat berkeliling melihat saluran – saluran drainase yang tersumbat dan diperkirakan menjadi penyebab utama genangan air disamping memang intensitas curah hujan yang tinggi sehingga air laut pun pasang.

“Ini sebagai wujud kepedulian kami jajaran Pemerintah Kota terhadap masyarakatnya yang tertimpa musibah. Pemerintah memang harus selalu hadir ditengah-tengah masyarakatnya sebagai simbol negara setidak-tidaknya untuk memberikan dukungan moril meringankan beban warganya”, bebernya.

Taufan pun berjanji dalam waktu yang tidak terlalu lama akan segera memberikan solusi atas apa yang telah menimpa warganya ini. “Kami ingin menunjukkan bahwa kami sangat serius menangani hal ini”, ujarnya.  

Sementara itu, Baya salah seorang warga setempat mengungkapkan rasa terima kasih dan bersyukurnya atas kepedulian Pemerintah Kota yang cepat tanggap terhadap musibah ini.

“Terima kasih pak Wali sudah turun langsung melihat kondisi kami, ini wujud kepedulian beliau kepada kami yang tertimpa musibah dan ingin merasakan apa yang kami rasakan”, ucapnya.

Lain halnya,  Daeng Bani yang juga warga setempat berharap agar jajaran Pemerintah Kota segera memperlebar drainase yang sudah ada. Disamping kata dia, masyarakat harus sadar untuk tidak membuang sampah sembarangan.

"Pemerintah harus memperhatikan drainase yang tersumbat, bahkan kalau perlu drainase-drainase  ini diperlebar untuk menghindari jika air laut pasang dan air akan semakin tinggi,  yang menyebabkan saluran tersumbat”, katanya.

Add comment


Security code
Refresh

 

 

 

 

 

Kami memiliki 98 tamu dan tak ada anggota yang online


Hak Cipta © 2012 pareparekota.go.id. Hak Dilindungi Undang-Undang.