By Plimun Web Design

Putu Berre

 

Putu, makanan tradisonal ini bahan utamanya dari tepung beras yang dikukus dalam wadah khusus, rasanya sangat nikmat jika disajikan hangat-hangat dengan sambal khas dari ampas minyak goreng. Makanan ini hanya didapatkan pada subuh hari untuk sarapan pagi yang nikmat. ini enak sekali buat sarapan pagi.

Cucuru Te'ne

Kue tradisional yang satu ini dikenal dengan nama cucuru tekne yang bahan utamanya terbuat dari tepung beras dan gula merah. Keu ini memilki khas rasa manis gula merah, renyah dan enak. Bentuknya yang khas lonjong dan sedikit mengkerucut diujungnya menjadikanya lebih unik.

Baje Canggoreng

kue tradisonal ini bahan utamanya dari kacang tanah dan gula merah, rasanya gurih dan manis. Panganan ini dapat bertahan sampai 1 (satu) bulan dalam kemasan. ini biasa kita jumpai di pasar-pasar atau toko-toko kelontongan.

Barobbo

Barobbo adalah bubur jagung khas Bugis Makassar, rasanya enak dan mengenyangkan. Barobbo’ adalah campuran irisan jagung muda, sayur-sayuran, ayam atau udang yang dimasak dan menjadi bubur yang super lezat.  ada beberapa warung yang menyediakan kuliner ini, tetapi di daerah sulawesi selatan biasanya setiap musim jagung tiba ini adalah menu yang favorit yang disajikan bersama perkedel jagung.

 

Lekkua Manuk (Ayam Masak Lengkuas)

 

Ayam Masak Lengkuas atau orang Bugis lebih mengenalnya dengan Lekkua Manuk merupakan makanan khas bagi orang Bugis Makassar. Makanan ini biasanya disajikan bersama buras. Menu ini sepertinya menjadi sesuatu yang wajib disajikan pada Hari Raya Idul Fitri atau Idul Adha. Bahan dasar dari makanan in adalah ayam, lengkuas, santan.

 

 

 

 

 

Kami memiliki 271 tamu dan tak ada anggota yang online


Hak Cipta © 2012 pareparekota.go.id. Hak Dilindungi Undang-Undang.